DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Kebiasan ini tanpa Kita Sadari Bisa Merusak Ginjal


Ginjal merupakan salah satu organ penting yang mempunyai banyak tugas dalam tubuh. Fungsi dari organ ini adalah menyaring darah, memproduksi hormon, menghasilkan urin, menyerap mineral, menghilangkan toksin, menetralkan zat asam dan menghilangkan racun dari makanan yang kita makan. Begitu banyak dan berat nya tugas dari ginjal kita, oleh sebab itu kita harus menjaganya agar ginjal yang kita miliki tetap berfungsi dengan normal. Penurunan fungsi organ ini seringkali tidak dirasakan selama bertahun-tahun, oleh karena itu penyakit ginjal juga disebut sebagai penyakit diam-diam. Itu lah alasan kenapa kita harus merawat ginjal kita dengan baik-baik sebelum terlambat. 

Berikut ini kebiasan kita yang bisa merusak ginjal tanpa kita sadari

1. Kurang Minum 
Bagian dari Fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah dan menghilangkan racun serta limbah sisa metabolisme tubuh, jika anda kurang minum dalam jumlah yang cukup, maka racun dan limbah tersebut akan menumpuk dan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Untuk menjaga kesehatan kita diharuskan minum minimal 8 gelas perhari. Memang tidak mudah untuk minum sebanyak itu jika anda type orang yang tidak suka minum, biasakan diri anda untuk banyak minum, paksalah diri anda, sampai merasakan bahwa minum itu penting bagi tubuh. 

2. Mengkonsumsi Garam Berlebih
Mengkonsumsi garam dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat membebani ginjal. Tekanan darah pada ginjal lebih tinggi daripada tekanan darah pada seluruh tubuh. Tubuh kita sebenarnya membutuhkan natrium yang terdapat pada garam untuk menjalankan fungsinya dengan benar, akan tetapi jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, mengkonsumsi garam yang sehat adalah tidak lebih dari 5 gram perhari.

3.  Sering Menahan Buang Air Kecil
Jika sudah merasa ingin buang air kecil, jangan menunda-nunda lagi untuk membuangnya, karena jika menundanya itu akan meningkatkan tekanan pada ginjal dan membebaninya. Karena jika kita sering menahan untuk buang air kecil maka bukan tidak mungkin hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal dan memicu batu ginjal. Buang air kecil dengan berdiri sebenarnya tidak baik bagi kita, karena buang air dengan berdiri tidak bisa bersih pada saat proses pembuangan, ikutilah sesuai sunah Nabi Muhammad SAW yaitu dengan duduk. 

4. Minum Kopi Berlebihan
Sama halnya dengan garam, kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan tekanan dalam darah yang pada akhirnya akan memberikan tekanan tambahan pada ginjal. Konsumsilah kopi sewajarnya, karena dalam takaran yang pas kopi bisa bermanfaat bagi kesehatan. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

5. Kurang Tidur Malam
Istirahat pada malam hari sangatlah penting bagi tubuh kita, karena pada saat itulah tubuh melakukan perbaikan terhadap jaringan tubuh yang rusak termasuk jaringan pada ginjal sehingga istirahat malam akan memberikan waktu bagi tubuh untuk melaksanakan tugasnya tersebut. Jika kita sering kurang tidur malam, maka proses perbaikan tidak akan optimal. Selain itu kurang tidur malam atau sering begadang juga dapat membunuh sel antibody yang terdapat dalam tubuh yang menyebabkan tubuh rentan terhadap penyakit. 

6. Mengkonsumsi Protein Hewani Secara Berlebih
Ketika mengkonsumsi protein terutama dari daging merah dapat meningkatkan beban metabolisme pada ginjal, jika lebih banyak asupan protein maka ginjal harus bekerja lebih keras dan jika dilakukan sesering mungkin bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Protein penting bagi tubuh, dapatkan protein yang berkualitas dari berbagai bahan makanan dan konsumsi dalam jumlah yang cukup serta seimbang.

7. Mengkonsumsi Obat Kimia
Jangan terlalu bergantung pada  obat kimia jika anda mengalami sakit, memang obat kimia langsung cepat bereaksi dalam tubuh kita ketika kita sakit dan dapat segera meringankan gejala sakit tersebut, akan tetapi obat kimia mempunyai efek langsung terhadap ginjal.

Itulah kebiasaan yang harus dihindari atau dikurangi untuk menjaga ginjal kita akan tetap bisa berfungsi secara optimal. Selain obat kimia, hindari juga untuk mengkonsumsi minuman doping dan juga minuman ringan instan (extrajos, nutrisari, marimas dll), minuman tersebut juga tidak baik bagi ginjal. Demikian postingan mengenai kebiasan yang bisa merusak ginjal. Semoga bermanfaat. Terimakasih
Share this article :
+
Previous
Next Post »
5 Komentar untuk "Kebiasan ini tanpa Kita Sadari Bisa Merusak Ginjal "

Trima kasih artikelnya ya dokter

Trima kasih artikelnya ya dokter

hahaha ... iya bang sama2 ..makasih udah mampir

tq ?? apaan sih non ..hehehe

tinggalkan komentar di bawah ini