DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Kedelai lindungi fungsi reproduksi


Kedelai merupakan salah satu jenis kacang polong yang memiliki kandungan nutrisi yang begitu baik untuk kesehatan. Apa kalian tau apa saja manfaat kedelai? kedelai mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, seperti menigkatkan metabolisme, menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, mencegah anemia, serta dapat juga mencegah kanker lo. Tidak hanya itu, penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa mengkonsumsi olahan kedelai mampu melindungi reproduksi perempuan. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, konsumsi rutin olahan kedelai mampu mencegah efek buruk senyawa bispenol A (BPA). BPA adalah zat yang terkandung dalam produk berbahan plastik serta makanan kaleng. Menurut Dr. Jorge E. Chavarro, kepla tim penelitian, "di dalam tubuh, BPA ini meniru sistem kerja estrogen. Hal tersebut bisa mengganggu kesuburan dan proses pembuahan, selain itu juga berpengaruh pada kesehatan janin dalam jangka panjang". 



Penelitian yang melibatkan 239 perempuan peserta program IVF (in vitro fertilization) atau bayi tabung tersebut menunjukkan bahwa konsumsi kedelai mampu meningkatkan kesuburan. " Para responden menunjukkan perbaikan siklus kesuburan setelah mengkonsumsi produk olahan kedelai. Kans kelahiran hidup pun meningkat," ungkap mas Chavarro. Dalam riset tersebut, para responden diminta mengonsumsi secara rutin produk olahan kedelai dalam jangka waktu lima tahun. " Untuk hasil optimal, tiap perempuan disarankan mengkonsumsi dua porsi olahan kedelai tiap hari, " papar mas Chavarro. Dalam penelitian tersebut olahan kedelai yang dimaksutkan adalah tahu, sup miso, protein kedelai, dan soy bar. Kalau di Indonesia banyak lah tahu dan tempe. Makanya sehat-sehat tu reproduksinya. Meski demikian, Dr. Chavarro menganjurkan untuk para ibu hamil untuk menghindari BPA dengan cara mengurangi mengkonsumsi makanan kalengan serta mengganti wadah makan berbahan polikarbonat atau plastik dengan bahan kaca atau metal.

OK deh. itu tadi merupakan manfaat kedelai bagi kesehatan reproduksi kaum hawa, begitu mudah dan murah kan untuk hidup sehat. Kalau pengen lebih murah dan enak, beli saja susu sari kedelai. Akan tetapi jangan berlebihan ya dalam mengkonsumsinya. Sewajarnya saja, karena kalau berlebihan hasilnya tidak baik. Semoga dengan adanya artikel ini, para pengrajin tahu dan tempe tambah sukses. Sekian artikel mengenai manfaat kedelai. Semoga bermanfaat, Terimakasih



Baca juga

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kedelai lindungi fungsi reproduksi"

tinggalkan komentar di bawah ini