DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Kewajiban mendirikan shalat 5 waktu



Kewajiban mendirikan shalat sudah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW. yang berbunyi " Islam itu didirikan atas lima rukun, yaitu :
  1. Membaca shahadat bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah SWT
  2. Mendirikan shalat
  3. Mengeluarkan zakat
  4. Berhaji ke baitullah
  5. Berpuasa ramadhan
Perintah mendirikan shalat pada rukun iman di atas harus dikerjakan dengan tetap, karena yang demikian adalah merupakan tiang agama. Dikerjakan lima kali dalam sehari semalam, yaitu shalat isya', subuh, luhur, ashar dan magrib. Dalam hal ini mereka yang beragama islam yang meninggalkan shalatnya dengan sengaja dapat dimasukkan sebagai orang kafir sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW" Barangsiapa yang meninggalkan shalat dengan sengaja, maka dia telah kafir yang nyata "[HR. Tabrani] yang menurut suatu mazhab boleh dibunuh, karena termasuk orang yang murtad. Dalam hadis lain Nabi SAW bersbada," Sesungguhnya janji antara kami (kaum muslimin) dengan mereka (yang kafir) adalah shalat, barangsiapa yang meninggalkan shalat maka dia telah kafir". Jika kita tidak ingin dicap sebagai orang yang kafir, maka tunaikanlah shalat dengan rukun yang benar. Selain itu jika tidak mengerjakan sholat akan banyak sekali kerugian yang akan menimpa bagi kehidupan kita entah di dunia dan akhirat.


Beberapa ketetapan tentang shalat

Allah SWT memerintahkan untuk mendirikan shalat sebagaimana firmannya " Dan dirikanlah shalat, keluarkanlah zakat, dan tunduklah bersama mereka yang tunduk (kepada perintah islam)." [QS. Al Baqarah : 43] ayat ini memaksutkan untuk mengerjakan shalat dengan rukun yang benar dan berikanlah zakat kepada orang-orang yang berhak menerimanya.. Shalatlat berjamaah dengan orang-orang muslim agar kalian mendapatkan pahala shalat dan pahala jamaah.

Dalam hadis lain, Nabi Muhammad SAW bersabda " Allah SWT berfirman : Sesungguhnya Aku (Allah) telah mewajibkan pada umatmu shalat yang lima waktu, dan aku telah berjanji pada diriKu bahwa mereka yang datang (pada hari kiamat) dengan menjaga waktu-waktu shalatnya, maka Aku akan memasukkan mereka ke dalam surga. Dan barangsiapa yang tidak menjaga shalatnya, maka Aku tidak berjanji sesuatu padanya."[HR. Abu daud]. Allah SWT telah memberikan janji kepada umat manusia dengan memberikan surga jika mereka menjaga shalatnya.

Shalat adalah amalan yang akan dihisab pertama kali sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya " Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab bagi seseorang hamba (manusia) pada hari kiamat adalah pada shalatnya. Jika didapati dalam keadaan sempurna, maka akan ditulislah dengan sempurna. Dan jika kurang shalat tersebut (yaitu tidak memenuhi syarat) lalu dikatakan : Lihatlah apakah kamu memiliki shalat sunnat untuk menyempurnakan apa yang disia-siakan dari shalat fardhu itu dari bantuan shalat sunnatnya. Kemudian semua amal akan berlangsung sesuai dengan hal tersebut." [hadits]. Dengan demikian sholat sunnat juga perlu diperbanyak untuk menunjang jika dalam shalat-shalat fardhu tersebut tidak memenuhi syarat (sempurna), yang akhirnya akan memberikan keselamatan akibat shalat sunnat yang dikerjakannya dengan penuh kesabaran.

Setiap sholat fardhu yang kita kerjakan mempunyai keistimewaan sendiri - sendiri, dengan mendirikan shalat hati kita akan semakin dekat dengan Allah SWT, tidak takut menghadapi apapun serta hati selalu tentram dan sholat fardhu mempunyai 5 kemuliaan

  1. Allah menghilangkan kesempitan hidupnya
  2. Allah menghilangkan siksa kubur darinya
  3. Allah akan memberikan buku catatan amalnya dengan tangan kanan
  4. Melewati jembatan sirotol mustakim secepat kilat
  5. Masuk surga tanpa hisab


Baca juga
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Kewajiban mendirikan shalat 5 waktu"

Shalat 5 wktu mudah mas.. Yg susah itu istiqomah tepat waktu n berjamaah dimasjid mas. Keep istiqomah

bener mas ... biar bisa istiqomah .. bayangin aja siksa kubur ..hahaha ..makasih mas udah mampir

tinggalkan komentar di bawah ini