DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Cara mengatasi USB device Not Recogniced


Bagi para pengguna laptop seperti karyawan atau pekerja apapun itu yang berhubungan dengan laptop. Sebagian besar pasti pernah mengalami masalah ini.

Kasus yang paling sering sih ketika menancapkan flashdisk ke laptop. Bagi orang yang awam dengan ilmu komputer, pasti akan langsung menyimpulkan bahwa flashdisk tersebut telah rusak.

Yaaaah .. Kasian tu flasdishk... difitnah oleh pemiliknya. Padahal belum tentu flashdisk tersebut rusak. Kenapa kok nggak nyalahin laptopnya coba??

Ya jelas nggak nyalain laptopnya, soalnya kan harganya mahal kalau flashdisk kan .... ya mahal sih kalau nggak punya uang.

kalau menurut saya selama flashdisk tersebut tidak kena air, tidak cacat, tidak patah. Mungkin masih sehat-sehat saja dan bisa digunakan. Kalau mungkin nggak kedeteksi, ada banyak sekali cara untuk memperbaikinya asalkan flashdisk tidak rusak secara fisik.

Bahkan saya pun pernah dibuat bingung, kenapa setiap mengisntal/memasukan perangkat USB yang baru, PC di kantor saya nggak mau nginstal dan muncul tanda silang merah di pojok kanan bawah.

Begini ceritanya

Teman saya nggak pernah menggunakan PC yang ada di kantor, karena dia selalu membawa laptop sendiri untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Suatu hari laptopnya terkena masalah yang tidak bisa saya sebutkan di sini (Karena saya sendiri tidak tahu masalahnya).

Untuk mengerjakan tugasnya, dia akhirnya memakai PC yang ada di kantor. Betapa kagetnya dia bahwa flashdisk yang dia gunakan untuk menyimpan data penting telah rusak (kata dia sih gitu). Flashdisk tersebut tidak bisa diinstal. Karena flashdisknya baru pertama kali dipakai di PC tersebut. Kalau dimasukan flashdisk yang sudah terinstal di PC tersebut, itu bisa. Tapi kalau belum pernah masuk di PC, langsung bertanda silang merah yang berbunyi gagal menginstal. 

Semua usaha sudah dicoba seperti mengeluarkan flashdisk dan memasukan kembali, merestart PC berulang-ulang. Tetap gak bisa juga. Kasian juga melihatnya. Akhirnya saya coba pinjem flashdisknya untuk saya coba di laptop saya. Dan alhamdulilah bisa. 

Setelah itu saya mencoba untuk memasukan flashdisk yang baru lainnya ke PC tersebut untuk uji coba.  Ternyata benar dugaan saya. Yang error adalah PC nya. Mungkin windowsnya. 

Langsung saja saya coba untuk instal ulang. Setelah itu saya masukan flashdisknya lagi dan langsung bisa nginstal. Ok fix.....Mungkin ada yang error pada sistemnya. Bukan hardwarenya.

Kalau anda mengalami masalah seperti di atas, tak usah instal ulang. coba cara di blog ini https://thesuhu.wordpress.com/2013/12/01/windows-7-selalu-gagal-install-driver-usb-flash-disk-bagaimana-mengatasinya/

Itu tadi singkat cerita yang tidak ada hubungannya dengan postingan kali ini.

Untuk mengatasi USB device not recogniced, anda tidak perlu melakukan instal ulang sagala. Cukup ikuti langkah berikut ini

Yang pertama scan menggunakan device manager
Buka control panel dengan cara klik start dan pilih control panel
kemudian pilih hardware and sound. Kemudian di atas sendiri pada pilihan devices and printers, klik device manager sebelah kanan sendiri.
Jika sudah muncul jendela device manager. Pilih menu action dan klik scan for hardware changes.
Ini berguna untuk mendeteksi hardware yang baru diinstal. Setelah itu coba cek perangkat USB anda


Jika cara tersebut belum berhasil. Cobalah untuk menonaktifkan power management of the USB Root Hub.
Masih di device manager. Carilah tulisan universal serial bus controllers yang berada di bawah sendiri.
Setelah itu klik pada tanda panah kecil untuk menampilkan isinya. cari dan klik kanan pada USB Root Hub. Klik kanan dan pilih properties. Pilih Tap Power Mnagemen.
Kemudian hilangkan tanda centang pada allow the computer toturn off this device to saver power. kemudian klik ok.

InshaAllah perangkat USB sudah terdeteksi.

Sebenarnya ini bukanlah hal yang rumit, saya seringkali mendapati hal tersebut, hanya dengan cara mencopot dan memasangnya kembali fashdisk sudah bisa terdeteksi lagi. Masalah ini juga bisa disebabakan oleh  aliran listrik. Untuk mengatasinya cobalah matikan laptop atau PC selama 20 menit.

Akan tetapi jika tetap saja tidak terdeteksi, cobalah mengetesnya dengan usb lainnya apakah port usb tersebut rusak apa tidak! Karena bagaimanapun usaha anda untuk mengatasinya, akan tetapi yang rusak pada port usb nya, maka perjuangan anda sia-sia.

Sekian postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat.


Baca juga artikel menarik lainnya




Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara mengatasi USB device Not Recogniced"

tinggalkan komentar di bawah ini