DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Manfaat Jaringan Komputer


Jaringan komputer - pasti sudah pada tau lah apa jaringan komputer itu, dulu ketika di SMA ( yang nyampe sekolah di tingkat SMA maksutnya) pasti sudah pernah diajarin mengenai jaringan komputer. Disini akan saya coba ulas lagi mengenai jaringan komputer, yang mungkin bisa menambah pengetahuan bagi yang belum mengetahui ataupun yang  bolos pada saat pelajaran TIK. 

Jaringan komputer merupakan kumpulan dua komputer atau lebih yang saling terhubung secara cerdas saling berbagi pakai alat-alat hardware dan software. Berbagi pakai secara cerdas berarti setiap komputer yang berbagi resource dengan komputer lainnya atau komputer utama mampu mengendalikan resource tersebut. Alat-alat yang biasanya dipakai bersama dalam sebuah jaringan adalah printer, scanner, Disk Drive, CD-Room, modem, mesin fax dll. Semua drive, folder terpilih, atau file individual dapat dipakai oleh user lain melalui jaringan. 

Keuntungan dari jaringan komputer 

  • Mengurangi biaya hardware yakni dengan berbagi pakai printer dan peripheral lain diantara banyak user
  • Dapat saling berbagi software atau file data
  • Program remote-control dapat digunakan untuk mengatasi masalah atau memperlihatkan kepada user baru bagaimana melakukan suatu tugas tertentu
  • Koneksi internet tunggal dapat dipakai bersama-sama oleh banyak user
Contoh dari jaringan komputer yang mungkin pernah kalian sering lihat adalah warnet, kantor, dan lab komputer yang ada di sekolahan. Jika anda pernah kewarnet pasti kalian tau bagaimana sebuah jaringan itu bekerja. Misalnya ketika kalian ingin mencetak/print sebuah halaman di komputer yang anda sewa (komputer client), anda tidak perlu mengeluarkan flasdisk atau hardisk untuk memindah data tersebut ke komputer server yang terhubung ke printer untuk mengeprintnya, kalian bisa mengontrol printernya menggunakan komputer yang kalian sewa tersebut. contoh lainnya seperti koneksi internet yang berawal dari server terus bisa dibagi-bagi melalui kabel untuk banyak komputer client, trus seperti billing warnet yang ada di komputer server bisa mengontrol komputer client nya seperti mematikan komputer client jika sudah tidak digunakan. Begitulah kira-kira contoh dari jaringan komputer.

Tipe-tipe Jaringan 

Jaringan pada komputer mempunyai beberapa tipe, mulai dari skala kecil hingga luas. Sudah begitu banyak blog atau website yang membahas mengenai hal ini. Oleh sebab itu saya hanya menjelaskannya secara sederhana saja untuk memudahkan pemahaman kalian. Berikut tipe-tipe jaringan tersebut

Local Area Network (LAN)
Adalah jaringan yang paling kecil, hanya mencangkup wilayah lokal saja. Ya sesuai dengan namanya local area network, LAN dibentuk dari komputer-komputer serta komponen-komponen dalam suatu kantor atau gedung. Contohnya seperti warnet dan lab komputer yang ada di sekolah

Metropolitan Area network (MAN)
Adalah jaringan dengan skala lebih luas daripada LAN, yaitu menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainya. Contohnya seperti antara kantor cabang dan kantor pusat yang letaknya beda kota.

Wide Area Network (WAN)
Adalah jaringan dengan skala yang luas, yaitu menghubungkan jaringan komputer antar negara. Banyak LAN dalam lokasi yang berbeda dapat dihubungkan bersama-sama dengan fiber optic berkecepatan tinggi, satelit, atau jalur telepon untuk membentuk WAN.

Internet
Singkatan dari interconnection networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terkoneksi melalui TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol) sebagai pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna diseluruh dunia. Saya yakin pasti sudah banyak yang menggunakan dan mengerti tentang internet. bahkan jika anda bisa membaca artikel ini, berarti anda sudah menggunakan apa yang dimaksut internet.

Intranet dan ekstranet
Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan untuk internal perusahaan, isinya hanya dikususkan bagi orang-orang yang ada di perusahaan itu saja. Sedangkan ekstranet adalah intranet yang berbagi isi (content) dengan pihak luar, misalnya seperti pelanggan, pemasok atau yang lainnya tetapi tidak dengan publik umum. Oleh sebab itu intranet dan ekstranet mengandalkan firewall dan alat-alat pengamanan serta prosedur untuk menjaga isinya agar tetap berciri privat.

Syarat - syarat membangun jaringan komputer

Untuk membangun sebuah jaringan komputer agar komputer - komputer yang terhubung ke jaringan bisa saling bekerja sama, maka setiap jaringan membutuhkan syarat-syarat umum sebagai berikut :

  1. Koneksi fisik seperti kabel, NIC, Lan card, wireles atau yang lainnya sesuai dengan tipe jaringan yang akan dibangun
  2. Seperangkat aturan komunikasi atau yang biasa disebut network protokol
  3. Software yang membuat resource yang dapat dipakai bersama dengan PC lain dan membuat kontrol akses sehingga dapat berbagi pakai resource, yang dikenal dengan network operating system
  4. Resource yang dapat dipakai bersama, contohnya seperti printer, disk drive dan CD-ROM
  5. Software yang membuat komputer-komputer dapt mengakses komputer-komputer lain dengan resource berbagi pakai, yang dikenal dengan network client


Baca juga artikel menarik lainnya
Cara mengatasi laptop lemot
Cara mengembalikan file yang kehapus permanen
Cara mudah menambah kecepatan bandwith
Cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri
Amankan data dengan layanan cloud storage
Cara mengatasi virus sortcut




Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Jaringan Komputer "

tinggalkan komentar di bawah ini