DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Pikirkan dan syukurilah


Pikirkan dan syukurilah mempunyai makna bahwa setiap nikmat yang Allah SWT anugerahkan kepada kita, karena Allah SWT melipatkan nikmat-Nya dari ujung rambut hingga bawah kedua telapak kaki. Mulai dari kesehatan badan, sandang pangan, keamanan negara, udara dan air semuanya tersedia dalam hidup kita. Namun begitulah, kita memiliki dunia, akan tetapi tidak pernah menyadarinya. Kita menguasai kehidupan, tetapi tidak pernah mengetahuinya. Kita memiliki dua mata, satu lidah, dua tangan, dan dua kaki. Apakah kalian mengira bahwa berjalan dengan kedua kaki itu merupakan sesuatu yang mudah, ketika kaki yang kalian gunakan untuk berjalan menjadi bengkak karena digunakan terus menerus.

{ jika kamu menghitung nikmat Allah SWT, niscaya kamu tidak akan sanggup menghitungnya. [QS. Ibrahim : 34] }

Oleh sebab itu sadarilah, betapa hinanya diri kita manakala tertidur lelap, ketika sanak saudara di sekitar kita masih banyak yang tidak bisa tidur karena sakit yang mengganggunya. Pernahkah kalian merasa nista manakala dapat menyantap makanan yang mak nyus dan minuman yang seger disaat masih banyak orang di sekitar kalian yang tidak bisa makan dan minum karena sakit?. Coba kalian pikirkan, betapa besarnya fungsi pendengaran yang membuat kita jauh dari ketulian. Coba renungkan dan raba kembali mata kalian yang sehat normal yang membuat anda jauh dari kegelapan dunia. Dan renungkan betapa dahsyatnya fungsi otak kalian yang selalu sehat dan terhindar dari penyakit jiwa yang menghinakan.

Adakah kalian ingin menukar kedua mata kalian dengan emas sebesar gunung uhud, atau menjual pendengaran kalian seharga intan permata satu bukit? apakah kalian ingin membangun rumah dan mobil mewah dengan menjual lidah kalian, hingga kalian bisu? Atau kalian mau menukarkan kedua tangan kalian dengan untaian mutiara, sementara tangan kalian buntung?. Begitulah, sebenarnya kalian dalam kenikmatan Allah SWT yang tiada tara dan kesempurnaan tubuh, tetapi kita tidak menyadarinya. Kita tetap merasa resah, suntuk, sedih, dan gelisah, meskipun kita masih mempunyai makanan mak  nyus untuk disantap, air seger untuk diteguk, waktu yang tenang untuk tidur pulas, dan kesehatan untuk terus berbuat.


Kita acapkali memikirkan sesuatu yang tidak ada, sehingga kita lupa mensyukuri yang sudah ada. Jiwa kita mudah terguncang hanya karena kerugian materi yang mendera. Padahal sesungguhnya kita masih memegang kunci kebahagiaan, memiliki jembatan pengantar kebahagiaan, karunia, kenikmatan, dan lain sebagainya. Maka pikirkan semua itu, dan kemudian syukurilah.

{ Dan, pada dirimu sendiri. Maka, apakah kamu tidak memperhatikan. [QS. Adz-Dzariyat : 21] }

Pikirkan dan renungkan apa yang ada pada diri, keluarga, rumah, pekerjaan, kesehatan, dan apa saja yang ada di sekeliling kita.

{ Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Aku (Allah) akan tambah nikmat kepadamu, tapi kalau kalian kufur, maka sesungguhnya adzabku sangat pedih. [ QS. Ibrahim : 07 ] }


Baca juga

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pikirkan dan syukurilah"

tinggalkan komentar di bawah ini

pengumpul dollar