DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Cara Mengatasi Laptop Lemot


Laptop sudah menjadi barang yang tidak asing lagi bagi masyarakat, akan tetapi masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat laptop supaya memberikan kinerja yang memuaskan, banyak orang yang mengeluhkan mengapa laptop nya menjadi lambat, hal ini karena kurangnya pengetahuan tentang perawatan untuk laptop anda. Jika laptop lambat, maka itu akan sangat merugikan bagi anda, misalnya untuk masalah pekerjaan, anda pasti jengkel karena pekerjaan tak juga selesai.
Di bawah ini adalah penyebab dan cara mengatasi laptop anda yang lemot

1. Virus
Virus adalah musuh utama bagi para pengguna komputer, virus yang bersarang di laptop dapat menyebabkan lambat pada laptop, karena virus tersebut berada dalam memori yang sengaja memenuhi beban memori yang akhirnya dapat mempengaruhi beban dari laptop yang terserang oleh virus. Jika laptop anda terkena virus komputer segeralah perbaiki laptop anda dengan mengupdate antivirus kesayangan anda, setelah itu lakukan lah scaning secara menyeluruh pada laptop.

2. Terlalu banyak program
Sesuatu yang berlebihan memang lah tidak baik jadinya, begitu juga dengan program atau aplikasi yang ada di laptop anda, gunakan aplikasi yang penting saja sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu banyak menginstal aplikasi karena aplikasi yang ada di laptop akan memakan resource memori dari laptop anda sehingga menyebabkan pengalokasian memory menjadi tidak optimal dan menyebabkan laptop menjadi lambat. Solusinya yaitu Uninstal program-program yang tidak dibutuhkan.

3. Spesifikasi Laptop yang sudah jadul
Mungkin banyak orang yang tidak mengerti akan kualitas sebuah laptop yang baik, jika laptop anda lambat gara-gara spesifikasinya yang sudah jadul, maka ada baiknya anda mengupgrade laptop anda. Usahakan laptop anda sudah menggunakan processor dual core dengan RAM minimal sebesar 2 GB.

4. Cookies dan Temporary  file
Merupakan sisa-sisa dan jejak anda ketika anda menggunakan internet, apabila file-file ini tidak dibersihkan secara teratur maka akan mengkonsumsi daya tampung hardisk anda. Untuk membersihkan file sampah ini cukup mudah, bukalah history (CTRL+H) pada browser anda dan kemudian clear browsing data. Jika ingin menghapus semua sampah yang ada di komputer, gunakan apliaksi pihak ketiga, seperti CCleaner yang dapat anda download di sini.

5. Hardisk
Jika Hardisk anda kurang sehat, itu juga bisa menyebabkan laptop menjadi lambat. Rawatlah hardisk baik-baik agar tidak mengalami bad sector. Lakukan defragmen hardisk secara bertahap agar hardisk awet dan sehat. Defragmen adalah proses menata ulang semua file yang ada di laptop anda. Pasti kita sering kan menambah dan menghapus file yang ada di laptop kita, semua file-file tersebut perlu ditata ulang agar dapat menempati posisi hardisk yang semestinya. cara melakukan defragment disk yaitu klik start button >> Accessories >> System Tool >> Disk Defragmenter. Lakukan defragmen disk secara teratur supaya hardisk anda akan tetap awet.

Demikian postingan kali ini, jika ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf, semoga bisa bermanfaat buat kalian semua. Terimakasih
Share this article :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Lemot"

tips yang bermanfaat Mas Sugeng. Terima kasih...

Ohya kalau saya biasanya selain tips di atas, ditambahi dengan pengurangan permormance ; yaitu dengan menghilangkan centang pada visual effect pada menu advanced system setting --> advanced --> permormance --> setting. Insya Allah kecepatan laptop jadi nambah. he ^_^

siiiiiiiiip mas indra ... trimakasih tambahanya ..hehe

tinggalkan komentar di bawah ini