DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri


Apa yang akan anda lakukan jika komputer anda mengalami masalah? Apakah Langsung membawanya ke tukang service?? Saya sarankan jangan terburu-buru, cobalah untuk mengatasinya sendiri, bawalah ke tukang service jika keadaan komputer sudah sangat parah. Banyak sekali di internet tentang tutorial memperbaiki masalah komputer. Memang susah-susah gampang jika berurusan dengan perangkat yang satu ini karena ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan komputer anda bermasalah. Misalnya saja tentang masalah yang satu ini yaitu komputer sering merestart sendiri. Pasti sangat menjengkelkan bukan ketika asik bermain game atau mengerjakan tugas tiba-tiba komputer merestart tanpa sebab. Untuk mengatasi masalah tersebut, periksalah bagian komputer anda dan cobalah pakai cara-cara di bawah ini


Processor
processor merupakan komponen yang paling penting dari rangkaian komputer, disebut juga sebagai otak dari komputer karena dia lah yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. Jika otak tersebut dipaksa begitu keras seperti membuka aplikasi yang begitu banyak atau hal yang lainnya, maka otomatis otak tersebut akan kepanasan atau yang biasa disebut dengan overheat. Untuk mengetahui jika komputer kita overheat, gunakan cara berikut :
Cek suhu CPU menggunakan BIOS, caranya tinggal masuk ke BIOS Komputer anda dengan menekan tombol perintah yang diberikan oleh komputer pada saat booting (dinyalakan), biasanya menggunakan tombol f2, jika sudah masuk BIOS kemudian cari menu PC Healt status atau system healt bisa juga hardware monitor atau yang lainnya karena setiap motherboard berbeda-beda istilahnya, kemudian lihat pada CPU temperaturnya. Secara umum temperatur antara 35&degC - 40°C adalah normal, 40°C - 47°C berarti mulai memanas, 47°C - 50°C adalah panas dan pada suhu ini istirahatkanlah PC anda. Jangan sampai CPU anda mendekati atau bahkan bersuhu 79°C, bisa-bisa meledak tuh. Jika anda kesulitan masuk dalam BIOS, gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui suhu processor, misalkan menggunakan core temp. Keuntungannya dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa selalu memantau suhu komputer kita. Untuk mendownload nya klik di sini
Untuk mengatasi masalah laptop yang restart sendiri akibat overheat, coba cara ini
Bersihkan secara rutin CPU anda dengan menggunakan kuas yang bersih, gantilah thermal paste yang sudah kering dengan yang baru serta tempatkan komputer di ruangan yang dingin atau ber AC agar suhu komputer tidak kepanasan


Hardisk
adalah komponen perangkat keras komputer yang menyediakan ruang untuk menyimpan data. Hardisk yang rusak atau mengalami bad sector dapat menyebabkan komputer restart sendiri, selain itu juga bisa menyebabkan bluescreen of death, yaitu munculnya layar biru sebelum komputer merestart sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa menggunakan cara ini 
lakukan check disk dengan cara klik start > computer > pilih partisi yang ingin di check (contohnya local disk C) > klik kanan > properties > pilih Tool > Check Now > klik start. Proses scan bisa berlangsung lama tergantung dari kapasitas hardisk. Pada saat pemrosesan upayakan jangan menjalankan program apapun. Sebelum terlambat, lakukanlah perawatan hardisk sebaik mungkin dengan cara mematikan komputer melalui shut down, selain itu lakukan defragmen disk secara berkala.


VGA Card
Kepanjangan dari Video Graphics Accelerator yang berfungsi untuk mengolah data graphics yang akan ditampilkan pada layar monitor. Jika VGA card rusak juga dapat menyebabkan komputer merestart sendiri. Kerusakan VGA card dapat disebabkan oleh overheat yang disebabkan kipas dari VGA card sudah mulai melambat karena debu. Ciri - ciri jika VGA card rusak adalah tampilan gambar pada layar monitor menjadi rusak dan memicu komputer merestart dengan sendirinya. Untuk itu lakukan pengecekan secara berkala bagi komputer yang menggunakan VGA card, terutama lakukan pembersihan pada kipas VGA card tersebut.


RAM
Kepanjangan dari Random Acces Memory yang bertugas sebagai tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara random. Fungsi dari RAM adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer, semakin banyak RAM, maka semakin cepat komputer tersebut. RAM yang kotor akan menyebabkan RAM tersebut cepat rusak dan dapat menyebabkan komputer sering restart sendiri. Lakukan pengecekan RAM pada komputer anda secara berkala, bersihkan RAM dengan penghapus secara satu arah atau bisa juga dengan minyak kayu putih.


Power Supply
Perangkat yang satu ini juga bisa menyebabkan komputer restart sendiri, komputer yang kekurangan daya dari power supply menyebabkan performa kurang maksimal, hal ini terjadi  karena macetnya kipas pada power supply, sehingga terjadi overheat pada power supply tersebut, untuk mengeceknya ketika anda ingin menyalakan power komputer biasanya terdengar suara kipas yang menyala, jika tidak terdengar maka cek lah secara manual power supply anda, jika memang kipasnya mati, gantilah power suppy anda dengan kualitas yang baik dengan daya minimal 530 watt.


Virus dan Spyware
Jika semua komponen tadi sudah dicek dan dalam kondisi baik, mungkin saja penyebabnya adalah virus dan spyware. dua sejoli ini bisa juga menjadi biang kerok komputer merestart sendiri. Cobalah scan komputer anda dengan menggunakan antivirus yang terupdate. Kalau masih belum bisa terpaksa instal ulang komputer anda.


Demikian artikel tentang cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri, semoga dapat bermanfaat.

Baca juga
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri"

tinggalkan komentar di bawah ini