DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Cara mudah mengatasi laptop yang berbunyi beeb saat dinyalakan


Bunyi beep atau tuut pada laptop seringkali terjadi. Hal ini wajar karena pasti semua barang elektronik butuh yang namanya perawatan.

Jangankan mesin..... tubuh kita saja kalau capek kan pasti juga akan protes. Ya nggak vrooh

Tak jarang kita jumpai laptop yang mengalami masalah tersebut. Atau mungkin laptop anda sendiri juga mengalaminya? 

Sebenarnya untuk laptop yang berbunyi tuut memiliki arti tersendiri yang menandakan adanya masalah pada hardware laptop tersebut. 

Kebanyakan dari sumber yang saya baca, yang menjadi penyebab bunyi tuut pada laptop adalah masalah kerusakan pada keyboard. Mungkin saja ada salah satu tombol yang macet tanpa kita sadari sehingga memberikan sinyal bahwa ada yang tidak rebes di laptop dengan berbunyi tuut.

Cara mengatasinya, cobalah untuk mengetes tombol keyboard laptop anda satu per satu. Untuk mengetesnya bisa menggunakan bantuan microsoft office ataupun software seperti Pass Mark Keyboard Test. ( sumber : http://dataserverku.blogspot.co.id )
kurang lebih penampakannya kaya gini


Tombol yang jika ditekan tetap berwarna merah, maka itu lah tombol yang mengalami kerusakan

Untuk downloadnya klik di sini

Setelah keyboard anda tes dan ternyata benar bahwa ada tombol yang bermasalah, segeralah bersihkan keyboard laptop anda. Untuk cara membongkarnya silahkan browsing di intenet, atau anda utak atik sendiri, karena setiap merek laptop pasti nggak sama caranya.

Jika anda ragu untuk memperbaikinya sendiri, ya tepaksa bawa ke tukang service dengan biaya yang agak mahal tentunya. 

Saya sarankan anda untuk mencoba memperbaikinya terlebih dahulu, karena bisa saja kerusakannya hanya sepele. Maksutnya nggak perlu bongkar laptop gitu.

Contohnya seperti ada debu yang mengganjal pada tombol laptop tersebut, tinggal tiup saja inshaAllah masalah sudah beres. Atau gunakan saja vakum cleaner mini yang berguna untuk membersihkan debu yang ada di sela-sela tombol keyboard. 

Akan tetapi jika keyboard anda pada pengetesan dan perbaikan baik-baik saja, berarti ada komponen lainnya yang menyebabkan bunyi beep tersebut.

Yaah, harus ngetes satu per satu dong!
Ya emang itu lah kerumitan laptop dan PC, jika ada masalah harus dicek satu per satu dimana kerusakan itu terdapat.

Dalam kasus ini, perlu anda ketahui bahwa ada beberapa bunyi beep yang biasanya terjadi. Dimana setiap bunyi berbeda beda dan menandakan di bagian mana kerusakan tersebut terjadi.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca postingan ini sampai habis untuk mengetahui jenis bunyi yang dihasilkan beserta sumber masalahnya.

Beep berbunyi sekali pendek. Tidak semua beep itu menandakan kerusakan, seperti bunyi beep sekali pendek ini, karena beep tersebut adalah wajar. Itu menandakan bahwa laptop dapat menjalankan fungsinya dengan normal.

Beep berbunyi pendek dua kali menandakan ada masalah pada settingan CMOS nya, untuk mengaturnya silahkan masuk ke BIOS. Kalau nggak gitu ganti baterai CMOS nya. Jika anda nggak berpengalaman atau tidak mengerti mengenai masalah ini, langsung saja bawa ke tempat service.

Bunyi beep panjang sekali kemudian pendek sekali menunjukan ada masalah pada motherboard atau memory di laptop.

Bunyi Beep panjang sekali dan pendek dua kali menandakan bahwa monitor atau VGA card mempunyai masalah.

Bunyi beep Panjang sekali dan pendek tiga kali ini menandakan bahwa keyboard laptop yang mengalami kerusakan, untuk mengatasinya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Bunyi beep panjang sekali dan pendek sembilan kali itu menandakan ada kerusakan pada bagian ROM.

Bunyi beep panjang terus menerus itu ada yang salah pada bagian RAM, Untuk memperbaikinya cobalah dengan membersihkannya dengan penghapus.

Bunyi beep pendek terus menerus itu mengindikasikan ada yang salah pada aliran listrik laptop tersebut.

Itu lah beberapa jenis bunyi beep yang biasanya terjadi. Jika anda tidak ingin mengalami kerusakan pada laptop kesayangan anda, rawatlah dengan baik agar laptop bisa awet dan tahan lama. Bersihkan laptop minimal sebulan sekali agar terhindar dari kerusakan.

Sama seperti tubuh kita, jika kita tidak membersihkan dan menjaganya pasti akan mudah terserang penyakit. Kecuali orang gila yang nggak merawat tubuhnya tapi mereka tetap sehat, itu karena dia memilik perasaan bahagia dan tidak susah. Akan tetapi penampilannya sungguh tidak menarik untuk dipandang.

Lha kok malah ngomongi orang gila. maaf ya yang tersinggung.

Jangan lupa untuk mengupdate antivirus anda, karena antivirus yang paling bagus adalah yang selalu up to date.

Sekian dulu postingan mengenai bunyi beep pada laptop. Semoga bermanfaat. Terimakasih



Baca juga artikel menarik lainnya

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara mudah mengatasi laptop yang berbunyi beeb saat dinyalakan"

tinggalkan komentar di bawah ini