DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Saat pertolongan Allah SWT datang

      

Melanjutkan postingan yang kemarin mengenai mengundang pertolongan Allah SWT. Pertolongan Allah SWT tidak datang dengan sendirinya, akan tetapi disebabkan dari tingkah kita dalam kehidupan sehari-hari. Ibarat sebuah tanaman, kalau kita menanam tanaman dengan kualitas yang unggul, maka hasil yang kita peroleh tentunya juga kualitas yang unggul pula. Tetapi apabila kita menanam tanaman dengan kualitas tanaman yang buruk, maka secara otomatis, kualitas rendah itu pula yang akan dipetik. Begitulah hukum sunatullah yang akan terjadi pada setiap sudut kehidupan kita. Kebaikan akan berbuah kebaikan dan keburukan akan berbuah keburukan. Romantika kehidupan manusia menuntut kita untuk melakukan hal itu (kebaikan), jika menginginkan sebuah kemudahan bagi hidup kita. Jadi, adanya hukum timbal balik itu harus selalu kita pertimbangkan agar hidup ini tidak susah dan selalu menemukan kemudahan.

Harus kita sadari bahwa sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan orang lain. keberhasilan, kesuksesan ataupun kebahagiaan, semuanya itu tidak akan bisa kita raih dengan sendirinya, akan tetapi pasti akan membutuhkan bantuan dari orang lain. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang telah diriwayatkan oleh Muslim, yang berbunyi "Barangsiapa melapangkan kesusahan seorang mukmin di dunia, maka Allah SWT akan melapangkan baginya dari kesusahan-kesusahan hari kiamat, dan barangsiapa memudahkan kesukaran seseorang, maka Allah SWT akan memudahkan baginya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seseorang Muslim, maka Allah SWT akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah SWT selalu menolong hamba yang suka kawannya" [HR. Muslim].

Pertolongan dari Allah SWT tidak datang dengan sendirinya, tetapi datangnya pertolongan Allah SWT adalah pancaran dari perbuatan yang telah kita lakukan, sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Rasulullah SAW di atas, bahwa barangsiapa memudahkan kesukaran seseorang, maka Allah SWT akan memudahkan baginya urusan di dunia dan akhirat yang artinya pertolongan Allah SWT akan diturunkan kepada seseorang yang senang menolong orang lain. Tidak dapat kita bayangkan, seandainya hidup kita ini tidak pernah mendapat pertolongan dari Allah SWT, tentunya hidup ini tidak mempunyai arti apa-apa lagi, sebab artinya hidup jika Allah SWT tidak mau lagi menolong kita. Kesusahan demi kesusahan akan terus saja mengalir begitu saja tanpa adanya jalan keluar yang membuat kita bisa terbebas dari kesusahan yang kita alami.
              
Kita sadar bahwa diri kita hanyalah seorang yang dikaruniai kemampuan yang sangat terbatas, sehingga tanpa bantuan dari Allah SWT, niscaya kita tidak akan peroleh kemudahan dan kebahagiaan dalam hidup ini. Setiap muslim baik secara pribadi maupun secara bersama-sama tentunya sangat sadar, bahwa untuk mencapai segala keinginan ataupun cita-cita, pasti tidak terlepas dari rahmat dan pertolongan Allah SWT. Sejarah kehidupan para Nabi dan orang-orang sholeh terdahulu telah membuktikan hal itu. Contoh nya pada saat perang badar, kaum muslimin yang jumlahnya sedikit tetapi dapat mengatasi kaum musyrikin yang jumlahnya empat kali lebih banyak, tentu saja itu merupakan pertolongan Allah SWT.




Sebagi muslim yang baik, tanamlah kebaikan ke sesama manusia, sesungguhnya Allah SWT berada dalam jiwa setiap manusia. Karena tanpa Allah SWT, manusia tidak akan bisa berbuat apa-apa. Demikian artikel mengenai saat pertolongan Allah SWT datang. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Saya berharap dengan membaca artikel ini kita semua menjadi manusia dengan kepribadian yang lebih baik lagi. Amiin. Terimakasih



Baca juga 


Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Saat pertolongan Allah SWT datang"

menanamkan kebaikan bisa juga lewat blogging ya mas selama blognya membagikan hal2 yang bermanfaat :D

iya mas ...hahaha ..aji mumpung

tinggalkan komentar di bawah ini