DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Teknologi penyimpanan data digital cloud storage

Seiring dengan perkembangan jaman, banyak teknologi baru yang bermunculan. Salah satunya adalah media penyimpanan cloud storage. Cloud yang arti dalam bahasa Indonesia adalah awan, merupakan sebuah ibarat yang berarti internet, internet diibaratkan layaknya sebuah awan yang luas yang mampu menampung banyak hal, sedangkan storage berarti penyimpanan, jadi cloud storage yaitu sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Teknologi ini tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun seperti CD atau hardisk, yang diperlukan untuk mengakses hanyalah gadget yang mempunyai akses ke internet. Teknologi cloud storage pada dasarnya merupakan pengembangan dari sistem komputasi awan (coud computing). Teknologi cloud storage sangat bermanfaat bagi anda yang memilik banyak data. Layanan ini biasanya memberikan kapasitas gratis bagi penggunanya hingga beberapa gigabyte.

Ada banyak fungsi dari layanan ini, diantaranya adalah :
  1. Data bisa diakses dimanapun dan kapanpun tanpa perlu repot-repot membawa hardisk atau alat penyimpanan lainnya.
  2. Data lebih aman karena terkunci dan bila di device kita terhapus kita masih memilik back up di aplikasi cloud storage
  3. Bisa membagi data dengan orang-orang tertentu dengan cepat

Berikut adalah media penyimpanan online berbasis cloud storage yang sudah ada 

Dropbox
Menurut wikipedia dropbox adalah layanan data berbasis web yang dioperasikan oleh dropbox.inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data. Dropbox akan menawarkan kepada kita 2 GB ruang penyimpanan online secara gratis, selain itu kita juga bisa memperoleh 500 MB hingga 16 GB untuk setiap pengguna baru yang daftar di dropbox menggunakan link refferal milik kita. Dropbox support terhadap windows, mac, linux, ios, android dan blacberry.
Daftar Dropbox


Google Drive
Siapa yang tidak mengenal Google sebagai perusahaan di bidang teknologi informasi, sebagai eksistensinya, Mbah Google juga ikut menghadirkan layanan cloud storage mereka yang bernama Google Drive. Layanan ini menawarkan layanan cloud storage gratis dengan kapasitas 15 GB dan dapat ditambah dengan pembayaran tertentu sesuai dengan kesepakatan. Selain itu google drive juga dapat bersinkronisasi dengan layanan mbah google lainnya seperti Google + , Gmail, dan google search, sehingga memungkinkan untuk membagi data dengan pengguna lain di internet. Google Drive support terhadap windows, linux, android dan ios.
Daftar Google Drive


SpiderOak
SpiderOak menawarkan lebih dari sekedar sistem penyimpanan data biasa.Tampilan antarmukanya memudahkan banyak penggunanya untuk mengelola peyimpanan data mereka dengan mudah. Untuk versi gratis nya layanan ini menawarkan ruang sebesar 2 GB. Selain itu spider oak akan memberikan tambahan sebesar 2 GB jika ada pengguna baru yang menggunakan link rujukan dari kita. Jika space nya masih kurang, kita juga bisa meningkatkan spacenya dengan membayar 10$ per bulan untuk penambahan ruang kelipatan 100 GB. Layanan ini support dengan windows, mac, ios, linux, andorid dan blackberry.
Download SpiderOak


Ubuntu One
Ubuntu adalah termasuk salah satu situs web yang menyediakan layanan komputasi awan, layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan file secara online dan berbagi file atau folder dengan orang lain secara online. Ubuntu One mendukung beberapa bahasa, dan memberikan hingga 5 GB ruang penyimpanan gratis bagi penggunanya. Ubuntu One support terhadap linux, windows, mac, ios dan android.
Daftar Ubuntu One


TeamDrive
TeamDrive juga merupakan salah satu web yang menyediakan layanan cloud sotage. TeamDrive memberikan ruang penyimpanan online gratis sebesar 2 GB kepada para penggunanya. Seperti halnya Dropbox, TeamDrive juga akan memberikan tambahan ruang sebesar 250 MB lebih dengan mengundang penggua baru yang menggunakan link refferal milik kita. TeamDrive hanya support kepada windows, linux dan ios.
Download TeamDrive


Sky Drive
Sky Drive adalah layanan cloud storage yang dikeluarkan oleh microsoft. Layanan ini memberikan space yang lebih besar daripada cloud storage lainnya yaitu sebesar 7 GB gratis untuk membuat cadangan dan sinkronisasi file komputer. Sementara Sky Drive hanya support oleh windows.
Daftar SkyDrive


Amazone Cloud Drive
Amazon ikut meramaikan persaingan komputasi awan dengan amazon cloud drive. Amazon cloud drive didukung dengan layanan host data amazon yang terkenal yaitu W3S. Layanan ini memberikan space yang lumayan besar bagi para penggunanya yaitu sebesar 5 GB gratis.
Daftar Amazone


IDrive
IDrive adalah layanan penyimpanan cloud dengan enkripsi. IDrive memungkinkan untuk mentransfer dan menyimpan data yang dienkripsi menggunakan 256 bit AES algoritma enkripsi. Data dienskripsi dengan sebuah pasword yang dihasilkan oleh pengguna. IDrive menawarkan 5 GB ruang penyimpanan online secara gratis, selain itu layanan ini juga mendukung beberapa bahasa dan supportpada windows, mac, ios dan android.
Daftar IDrive


Open Drive
Open Drive juga salah satu penyedia layanan cloud storage yang mana para penggunanya akan mendapatkan ruang penyimpanan online gratis sebesar 5 Gb, selain itu Open Drive juga mendukung beberapa bahasa dan supprot oleh windows, mac, ios dan android.
Daftar OpenDrive


Syncplicity
Syncplicity juga termasuk salah satu penyedia layanan cloud storage yang mana para penggunanya akan mendapatkan ruang penyimpanan online gratis sebesar 2 Gb, selain itu syncplicity akan memberikan tambahan space sebesar 1 hingga 3 GB bagi kita jika ada pengguna baru yang menggunakan link refferal kita untuk mendaftar. Syncplicity supprot oleh windows, mac, ios dan android.
Daftar Syncplicity


Wuala
Wuala juga sebagian dari penyedia layanan cloud storage yang mana para penggunanya akan mendapatkan ruang penyimpanan online gratis sebesar 5 Gb, selain itu wuala juga mendukung beberapa bahasa dan supprot oleh windows, mac, ios dan android.



SugarSync
Sugarsync merupakan layanan yang aktif sync file dikomputer dan perangkat lain untuk file, akses back up, dan sinkronisasi. SugarSync memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB bagi para penggunanya. Jika ada teman kita yang menggunakan link refferal kita untuk daftar di layanan ini, kita akan mendapat tambahan space sebesar 500 MB. SugarSync support oleh windows, mac, ios, android dan blackberry
Daftar Sugarsync


ICloud
ICloud merupakan layanan komputasi awan untuk penyimpanan data yang eksklusif untuk iDevice (Produk Apple). Kemudahan integrasi dan sinkronisasi secara otomatis data-data seperti Apps, iTunes, Photo Stream, Documents, Contact dan lain-lain untuk seluruh iDevice. Apple menjadi fitur yang sangat diunggulkan di iCloud, cukup dengan memasukan Apple id diseluruh perangkat iDevice maka data-data di satu produk iDevice bisa diakses pada iDevice lainnya. Layanan ini bisa digunakan untuk minimal pada iDevice dengan OSX lion 1.7.2 dan iOS 5 keatas. ICloud memberikan space gratis sebesar 5 GB dan support untuk windows, mac dan ios.
Daftar iCloud


Box
Box adalah cara termudah untuk mengelola file besar dalam jangka waktu singkat. Tampilan Box cukup mudah digunakan, pada tampilan utama kita bisa melihat semua file yang tersimpan di di server Box. Dalam file manager itu kita bisa membuka, mendownload, mengubah, manghapus, membagi ke teman dan memberikan komentar pada sebuah file. Box memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB.
Daftar Box


Bagi anda yang ingin mengamankan data-data penting, silahkan menggunakan fasilitas cloud storage, banyak fungsi dan manfaat yang akan didapat jika kita menggunkan fasilitas tersebut. Demikian postingan tentang Cloud Storage, semoga bermanfaat. Terimakasih


Baca juga
Cara mengatasi laptop lemot
Cara mengatasi file yang kehapus permanen
Cara mudah menyedot bandwith wifi
Cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri



Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Teknologi penyimpanan data digital cloud storage"

tinggalkan komentar di bawah ini

pengumpul dollar