DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Mengundang pertolongan Allah SWT


Semua orang di dunia ini pasti mempunyai sesuatu yang disebut dengan masalah, Ketika kita mengalaminya, kita diharuskan sabar menerimanya, karena Allah SWT sudah berjanji akan memberikan jalan keluar yang terbaik dari segala maslah, sepelik dan seberat apapun masalah itu, karena bagi Allah SWT tidak ada yang rumit dan pelik, semuanya serba mudah dalam genggaman kekuasaan-Nya. Sekarang, tinggal bagaimana kita sebagai hamba-Nya melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya, agar kita memperoleh keselamatan dunia akhirat sebagaimana yang telah dijanjikan oleh Allah SWT. Pertolongan Allah SWT tidak bisa serta merta langsung datang kepada kita, karena itu merupakan sebuah ujian bagi kita, bagaimana kita bisa lulus ujian tersebut atau tidak. Namun yang pasti, semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengundang datangnya pertolongan Allah SWT, salah satunya dengan menanamkan satu sikap suka menolong kepada orang lain terutama kepada orang yang membutuhkan pertolongan. Selain hal itu ada juga hal yang lainnya seperti penjabaran berikut ini

Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT


Kesulitan yang kita alami merupakan bentuk ujian yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita, untuk melihat kesungguhan manusia untuk terus beribadah, meskipun ujian itu sangat berat bagi kita, sebelum pada akhirnya Allah SWT menurunkan pertolongan-Nya kepad kita. Satu hal yang lazim, bahwa tidak akan ada manusia di muka bumi ini yang terlepas dari masalah, baik itu masalah kecil maupun besar,yang menyangkut permasalahan pribadi, keluarga ataupun yang lebih luas dari itu. Namun setiap permasalahan pasti ada jalan keluar yang baik, asalkan kita selalu berusaha dan memohon pertolongan Allah SWT serta selalu meningkatkan ketaqwaan kita kepada-Nya. Sebagaimana firman Allah SWT. "Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah SWT niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah SWT niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah SWT telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu."

Intropeksi diri


Sebagai manusia biasa, manusia tidak akan terlepas dari salah dan dosa. Dan hal ini berlaku bagi setiap manusia yang pernah hidup di dunia ini. Tetapi kesalahan itu akan berbuah satu kemuliaan dan kebahagiaan, apabila kita senantiasa mengiringi perbuatan buruk dengan selalu bertaubat kepada Allah SWT. "Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarahpun, niscaya dia akan melihat balasannya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarahpun, niscaya dia akan melihat balasannya pula." [QS Al-ZalZalah : 7-8]. Tidak perlu kita ragukan dan sangsikan , bahwa Allah SWT Maha Peka terhadap apapun yang telah kita lakukan. Dengan keadilan-Nya tidak akan ada yang meleset, siapapun yang berbuat, sekecil dan setersembunyi apapun kebaikan, niscaya Allah SWT akan membalas berlipat ganda dengan aneka bentuk yang terbaik menurut-Nya. Begitu juga sebaliknya, Selembut apapun kazaliman yang pernah kita lakukan, pasti juga akan dibalas oleh-Nya. Karena itu apabila pertolongan Allah SWT yang telah kita harapkan tidak juga kunjung datang, berarti ada yang salah dengan diri kita. Mungkin saja kita masih melakukan perbuatan yang telah dilarang oleh Allah SWT, meskipun mungkin itu sangat kecil dan sepele. Oleh karena itu kita harus senantiasaberhati-hati dengan perbuatan yang kita lakukan. Sudah selayaknya kita selalu berbuat baik kepada siapapun yang kita temui.

Yakinilah bahwa hanya Allahlah satu-satunya penolong


Sesungguhnya tidak akan terjadi sesuatu, kecuali dengan izin Allah SWT, termasuk musibah maupun nikmat. Meskipun antara jin dan manusia (dukun) saling bergabung dan menjanjikan akan membantu atau memberi sesuatu, namun jika Allah SWT tidak berkehendak, niscaya semua itu tidak akan terjadi. Maka dari itu sangatlah naif jika seseorang berharap kepada selain Allah SWT. Sebab hal itu sebenarnya awal dari sebuah kesengsaraan dan awal menjauhnya pertolongan Allah SWT . Apabila kita menyadari bahwa seluruh kekuatan kita hanyalah dari Allah SWT, kita telah memiliki bekal yang sangat kukuh untuk mengarungi hidup ini, tidak pernah getar menghadapi persoalan apapun, karena sesungguhnya yang paling mengetahui struktur masalah kita yang sebenarnya berikut segala jalan keluar terbaik, hanyalah Allah SWT Yang Maha Sempurna.

Pertolongan Allah SWT akan datang kapanpun dan kepada siapapun sesuai dengan kehendaknya. Dan semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Sebagaimana firman Allah SWT."Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka, apabila kamu selesai (dari suatu urusan) kerjakanlah dengan sungguh-sungguh."[QS. Al-Insyirah 6-7].






Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mengundang pertolongan Allah SWT"

tinggalkan komentar di bawah ini