DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Sejarah Komputer

Di era modern seperti sekarang ini, pasti kalian semua sudah tahu apa itu computer, akan tetapi masih banyak orang yang belum tahu tentang sejarah computer. Dalam artikel ini saya akan mencoba memberikan sejarah evolusi computer jaman dulu. Kata Computer sendiri semula digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, kemudian arti kata ini dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Computer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerjasama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu in formasi berdasarkan program dan data yang ada. Nah itulah sejarah dari nama computer itu berasal. Selanjutnya saya akan memberikan informasi tentang sejarah evolusi computer di jaman dulu. Computer jaman dulu tidak secanggih, sekecil, dan sebaik computer sekarang, berikut adalah 5 generasi dalam sejarah evolusi computer.


1. Generasi pertama kira-kira tahun 1943-1956
Computer generasi pertama berbentuk sangat besar dan kurang canggih. Computer ini menggunakan tabung vakum untuk mengontrol operasi internal, menimbulkan suhu yang sangat panas, dan membutuhkan tempat yang luas. Puched card digunakan untuk memasukkan data ke dalam computer. Lubang-lubang dipukul sesuai dengan skema kode, dan mesin pembaca kartu (card reader) digunakan untuk menerjemahkan ke dalam bahasa mesin agar dapat dimengerti oleh computer. Hanya bahasa mesin berkode biner yang digunakan dalam computer terdahulu.
Tahun 1941, Konrad Zuse seorang insinyur Jerman membangun computer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat dan peluru kendali.

computer Z3

Tahun 1943. ENIAC (Elektronic Number Integrator dan Calculator). Computer ini menggunakan 140 kilowatt listrik dan terdiri dari atas kurang lebih 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 10.000 kapasitor, membutuhkan tempat 1.500 kaki persegi, dan mempunyai berat 30 ton. Dengan standart yang ada sekarang ini ENIAC berjalan sangat lambat, namun demikian, ketika tiba pada tahun 1946, computer ini menggambarkan kemajuan besar dalam kemampuan berhitung.


ENIAC

Tahun 1944. Harvard mark I diperkenalkan.


mark I

1945. Computer sejenis, yang disebut EDVAC (Electronic Discreate Variable Automatic Computer), di awali di University Of Pennsylvania. Computer ini merupakan masin kedua yang dirancang oleh tim Mauchly-Ekert. Diselesaikan pada tahun 1952, EDVAC berbentuk lebih kecil, dan lebih canggih, serta labih fleksibel dibandingkan dengan ENIAC. EDVAC dirancang agar menjadi mesin stored-progam (mesin yang memiliki instruksi-instruksi yang disimpan secara internal) yang benar-benar menggunakan angka biner untuk semua instruksi dan data. Memerlukan tempat 140 kaki persegi dan terdiri atas kurang lebih 5900 tabung vakum, computer ini dapat malakukan penambahan dalam 854 mikrodetik dan perkalian dalam 2,9 milidetik.


computer EDVAC

1946. Mesin lain yang berbasis pada arsitektut von Neumann adalah computer IAS yang dimulai di Princeton pada tahun 1946, tetapi tidak selesai dibuat sampai tahun 1952. Mesin ini dikembangkan di bawah arahan langsung von Veumann, yang merupakan mesin stored-progam yang terdiri atas 2300 tabung vakum, computer ini dapat melakukan penjumlahan dalam waktu 62 mikrodetik, dan perkalian waktu dalam waktu 720-990 mikrodetik, dan pembagian dalam waktu 1.2 mili detik.
Tahun 1947. SSEC (Selective Sequence Elektronic Calkulator) ditempatkan di IBM New York World Headquarters pada tahun 1947 dan digunakan hingga tahun 1952. Mesin ini mempunyai kecepatan 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan Hanvard Mark I.
Tahun 1948. IBM 604 Mesin Electronic Calculating Punch Card hadir. Mesin ini dapat membaca kartu punch, dapat menjalankan operasi aritmatika, dan menulis hasilnya pada kartu. Mesin ini deprogram dengan plugboard dan bukan merupakan mesin stored-progra. Mesin ini mempunyai lebih dari 1400 tabung vakum untuk melakukan operasi aritmatik yang menggunakan register elektronik.
Tahun 1950. SEAC (Standart Eastern Automatic Computer) merupakan computer stored-program pertama yang dioperasikan di Amerika Serikat. Computer ini menggunakan mercury delay lines sebagai memori dan dioperasikan dalam beberapa decade.
Tahun 1951. UNIVAC (Universal Automatic Komputer) diperkenalkan. Computer ini menggunakan mercury delay lines sebagai memorinya, dan merupakan computer stored-program komersial pertama.
Tahun 1953. Computer IBM 701, adalah computer sains skala besar yang menggunakan Williams tabung memori elektrostatik yang didukung oleh drum magnetic. Mesin ini mempunyai kemampuan artmatika biner parallel dan mempunyai kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan UNIVAC untuk perhitungan sains.
Tahun 1955. IBM memperkenalkan IBM 702, yang merupakan computer skala besar pertama yang dirancang yang untuk tujuan bisnis. IBM 702 ini mempunyai berat 24.600 pound, terdiri atas kurang lebih 5000 tabung vakum, dan memerlukan AC yang kuat untuk mendinginkan ruangan di mana computer ini dioperasikan.
Tahun 1956. IBM 704, pertama kali ditawarkan pada tahun 1956, hampir memonopoli computer sains skala besar IBM. Computer ini dapat menangani 91 instruksi, dan dapat melakukan penjumlahan dalam waktu 24 mikrodetik, dan melakukan perkalian atau pembagian dalam waktu hanya 240 mikrodetik.

2. Generasi kedua : tahun 1957-1964
Ilmuwan-ilmuwan Bell Telphone Laboratories, yang dipimpin oleh John Bardeen, Walter Brattin, dan William Shockley, mengembangkan junction transistor pertama pada tahun 1948. Keuntungan potensial dari transistor dibandingkan dengan tabung vakum hamper sebesar tabung vakum atas relay. Dengan penemuan transistor membuat computer lebih menyebar luas karena ketergantungannya, ukurannya yang sangat kecil, dan memerlukan tenaga yang lebih rendah. Oleh karena itu, generasi kedua ditandai dengan perubahan dari teknologi tabung vakum ke transistor. Ada beberapa pengembangan penting yang terjadi. Komputer generasi kedua mempunyai kecepatan yang lebih cepat, mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar, dan membutuhkan tenaga yang lebih sedikit untuk pengoperasiannya.
Pada banyak system generasi kedua, memori utama dari computer ditambah dengan menggunakan pita magnetic sebagai media penyimpanan external atau auxiliary. Perubahan penting yang terjadi selama periode ini adalah dikembangkan media penyimpanan disk magnetic.
Computer generasi kedua sering menggunakan bahasa tingkat tinggi (high-level-languange) untuk mengintruksi computer bagaimana computer tersebut dapat melakukan pemrosesan.
Tahun 1954. Computer digital pertama yang menggunakan transistor, TRADIC, dibuat oleh BELL Laboratories.
Tahun 1958. Computer National Cash Register NCR 304 muncul. Computer ini merupakan computer digital yang menggunakan transistor komersil pertama.
Tahun 1960. IBM 1401 diperkenalkan, dan beribu-ribu computer yang menggunakan transistor telah dijual. IBM  juga memerlukan 7090, suatu computer sains yang menggunakan transistor yang menggunakan memori penyimpanan magnetic dengan lebih dari 32.000 word 36 bit.
1960-1961. Computer UNIVAC LARC (Livermore Atomic Research Computer) dan IBM 7030 (STRETCH) diperkenalkan.

Tahun 1964. Computer CDC 6600 diperkenalkan di Livermore AEC Laboratory. Mesin ini tiga kali lebih unggul dibandingkan dengan computer IBM 7030. Computer ini dapat melakukan rata-rata lebih dari tiga juta instruksi per detik dan unit aritmatik dan ligikal ganda serta menggunakan sepuluh computer kecil untuk operasi I/O.

3.Generasi ketiga : Tahun 1965-1971
Tahun 1965 mungkin dapat dikatakan sebagai tahun permulaan generasi computer yang ketiga, tetapi perbedaan antara generasi yang kedua dan ketiga tidak terlihat jelas.
Awal tahun 1960-an merupakan tahun diperkenalkan IC, yang menggunakan ratusan transistor ke dalam chip silicon tunggal. Chip itu sendiri berukuran sangat kecil. Dengan IC, computer dapat dibuat menjadi lebih kecil, lebih mahal dan lebih handal. Teknik small-scale integration (SSI) menjadi titik awal computer generasi ketiga yang kemudian diikuti dengan sirkuit medium-scale integration (MSI) yang dikenal sebagai multilayered printed circuit board.
Akhir tahun 1960-an, IC mulai digunakan sebagai memori utama. Kini memory IC telah menggantikan memori magnetic core (kecuali beberapa masin terdahulu masih menggunakannya).
Tahun 1964 IBM mengumumkan seri enam computer yang disebut System 360 dan ribuan mesin sepertini diproduksi. Dengan IBM 360, mikroprograming deperkenalkan untuk menjamin kompatibilitas set instruksi di antara mesin-mesin tersebut. Digital Equipment Corporation (DEC) memproduksi ribuan computer mini. Pada tahun 1963 komputer mini pertama untuk komersial,DEC PDP-C diproduksi. Tahun 1965 komputer ini diganti oleh PDP-8 yang sangat sukses.
Rancangan computer besar yang dimulai dengan mesin LARC dan STRECH berlanjut. Control Data Corporation (CDC) memproduksi seri mesin besar yang dimulai dengan CDC 6600 pada tahun 106 dan dilanjutkan dengan 7600 pada tahun 1969 dan yang berikutnya seri CYBER. Mesin-mesin ini berciri mamiliki banyak prosesor yang masing-masing memiliki otonomi.
Pada tahun 1970 IBM mengumumkan seri computer baru yang disebut System 370. Mesin-mesin ini menggunakan IC dan kompatibel dengan program-program system 360.

4. Generasi keempat : Tahun 1972-1989
Pada tahun 1971 IBM memulai mengeluarkan computer System 370. Computer jenis ini, dan jenis lainnya yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan computer besar lain pada tahun 1970-an, digabungkan secara selektif seperti memori semikonduktor, system operasi diagnose-sendiri, penggunaan teknik penyimpanan virtual yang menyebar, dan lebih lanjut miniature melalui sirkuit LSI.
Computer generasi keempat ini lebih kecil, seperti telah dibuktikan dengan adanya mikrokomputer, dengan sirkuit LSI yang ditemukan oleh sirkuit VLSI (xery large scale integration) dan VHSIC (very high speed integrated circuit).
Revolusi computer yang sebenarnya terjadi pada tahun 1971, ketika Intel Corporation membuat microprosesor pertama, yaitu chip 4004. Pada tahun 1972 dan 1973 Intel memproduksi chip 8008 dan 8080, yang kemudian menjadi dasar bagi keseluruhan indrustri baru computer personal.
Tahun 1980 juga ditandai dengan dimulainya era supercomputer. Ciri-ciri supercomputer adalah memiliki kecepatan pemrosesan yang sangat cepat, 20 juta operasi floating-point per detik(Mflops), dan terutama digunakan untuk memecahkan problem yang sangat komplek dan memerlukan perhitungan yang intensif. Bahasa tingkat tinggi berkembang untuk menangani data scalar dan vector. Kebanyakan system operasinya time-sharing dan menggunakan memori virtual, seperti Cray-1 (1976) dan CYBER-205 (1982).

5. Generasi kelima 
Generasi computer pada era ini masih imaginatif berupa ide. Desain pada computer generasi ini akan dikembangkan computer yang dapat  menterjemahkan bahasa manusia dan mampu berkomunikasi dengan manusia.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sejarah Komputer"

tinggalkan komentar di bawah ini