DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Jenis Tanah di Indonesia

Wilayah daratan negara Indonesia luasnya sekitar 1.922.570 km3, wilayah ini memiliki banyak sekali jenis tanah yang tersebar di seluruh Indonesia, Tanah adalah lapisan tipis kulit bumi yang terletak paling luar, merupakan hasil pelapukan atau erosi batuan induk (anorganik) yang bercampur dengan bahan organik, tanah mengandung banyak partikel batuan atau mineral, bahan organik, air dan udaraDi bawah ini adalah sebagian jenis tanah yang ada di Indonesia, yaitu :

a. tanah aluvial     : disebut juga tanah endapan, tanah ini terbentuk dari batuan yang telah hancur dan                               terbawa hanyut oleh air dan kemudian mengendap.
tanah aluvial (endapan)

b. tanah litosol     : berasal dari batuan beku dan batuan endapan yang keras dan peka terhadap erosi.

tanah litosol

c. tanah pasir       : terbentuk dari bahan dasar batuan beku dan batuan endapan yang mengalami                                       pelapukan.

tanah pasir

d. tanah laterit      : tanah yang kandungan mineralnya telah dihanyutkan oleh air.
tanah laterit

e. tanah kapur       : tanah ini terbentuk dari bahan dasar batu gamping dan batuan endapan.

tanah kapur

f. tanah vulkanik   : tanah ini berasal dari letusan gunung api

tanah vulkanik

g. tanah gambut      : disebut juga tanah rawa, tanah ini terbentuk dari bahan organik yang hancur                                       akibat genangan air.
tanah gambut

Demikian postingan mimin tentang beberapa jenis tanah yang ada di negara tercinta, semoga bermanfaat, ditunggu komennya. terimakasih

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jenis Tanah di Indonesia"

tinggalkan komentar di bawah ini