DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Cara Mudah Membuat Mail Merge

Halo sodara-sodara .... kali ini kami akan memberikan cara membuat mail merge, cara ini sangat cocok untuk membuat undangan dengan nama yang begitu banyak atau bisa juga digunkan untuk membuat nomor ujian dan lain sebagainya. Sebagai contoh saya akan membuat surat keterangan yang digunakan untuk mengambil PIP (Program Indonesia Pintar), saya menggunakan metode ini karena yang memperoleh beasiswa PIP sangatlah banyak, jadi lebih cepat jika menggunakan mail merge, jika ada format yang belum benar tinggal betulin satu saja .. hehehe, kalau manual kan jika ada salah formatnya harus betulin satu-satu, gak efisien bingitz. Ok langsung saja
Pertama kita bikin dulu formatnya di microsoft word (saya menggunakan ms word 2010)

penampakannya seperti ini nih  



Jika sudah, simpan dulu file word nya dalam suatu folder, kemudian kita bikin database nya menggunakan microsoft excel, sesuai kan dengan data yang akan dimasukan ke microsoft word, seperti nama, NISN, tanggal lahir dll.
contohnya kaya gini 


Jika sudah, tutup dan simpan database excel tadi, jadikan satu folder dengan formatnya. 
Selanjutnya kita menuju ke format tadi yang ada di microsoft word, kemudian pilih menu mailings dan klik step by step mail merge wizard.

kemudian klik next, klik next : select recipients dan klik browse sampai keluar jendela baru.

cari data base yang telah dibuat tadi, kemudian klik open


 dan klik ok pada sheet 1 (jika datanya ada pada sheet 1)


kemudian muncul jendela baru dan klik ok 


setelah itu isilah data yang kosong dengan cara insert merge field letakan sesuai dengan datanya
seperti ini captur nya



jika sudah selesai klik pada preview result,  dan lihat hasilnya




jika masih bingung tinggalkan komentar di bawah. hehehehe. Sekian tutorial kali ini. Terimakasih sudah berkunjung.





Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Mail Merge"

tinggalkan komentar di bawah ini