DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Jangan Mengabaikan Tangisan Anak

       
        Jangan mengabaikan anak yang menangis di malam hari. Beberapa orang tua mungkin berpikir dengan mengabaikan anak saat menangis di malam hari, akan memberikan pembelajaran pada anak untuk menenangkan diri sendiri sampai akhirnya ia bisa kembali tertidur. Namun benarkah bahwa membiarkan anak menangis itu bisa membantu kemandirian anak???.
        Peneliti mengungkapkan bahwa menangis bisa sangat berbahaya bagi anak-anak dan berdampak seumur hidup. Tugas orang tua adalah melakukan upaya pencegahan, dengan memastikan bayi nyaman dan terpenuhi kebutuhannya untuk mengurangi tangisan. Pengasuhan bayi yang baik akan meringankan kesulitan orang tua menghadapi anak, termasuk mengurangi tangis bayi. Sebaiknya jaga bayi jangan sampai menangis kecuali dalam keadaan darurat, "ungkap Darcia Narvaez, Associate Professor of Psychology dan Director of the Collaborative for Ethical Education, University of Notre Dame.

        Ketika bayi sedang stres, tubuh mereka akan mengeluarkan hormon kortisol yang bisa merusak atau bahkan menghancurkan jaringan neuron dalam otak. Dampaknya, otak bayi yang masih dalam masa perkembangan tidak dapat berkembang secara optimal. Menurut para peneliti dari Yale University dan Havard Medical School, kerusakan pada jaringan otak dapat berakibat pada bahaya yang lebih tinggi, tak hanya itu, dalam jangka panjang anak akan mengalami perkembangan akademis yang buruk dan bahkan kecenderungan untuk menjadi anti sosial.

        Tangisan di malam hari, di mana anak merasa diacuhkan oleh orang tua yang tak ingin terganggu tidurnya dapat menyebabkan stres, selain juga berpengaruh pada masalah kepercayaan, gangguan kecemasan, dan berkurangnya fungsi otak, " ujar Narvaes, menambahkan hal ini juga berpengaruh pada masalah genetik seseorang sehingga tidak bisa disembuhkan. Maka sebaiknya jangan membiarkan anak-anak menangis terlalu lama. Saat anak menangis, segera tenangkan anak dengan cara bijaksana agar tak lagi menangis, namun tak berarti juga membuat anak menjadi ketergantungan terhadap anda.


Sekian artikel ini, semoga bisa bermanfaat
sumber : kompas.com
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jangan Mengabaikan Tangisan Anak"

tinggalkan komentar di bawah ini