DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Rahasia Buah Merah

     


     Mungkin masih banyak yang belum negetahui apa itu buah merah, karena saat ini tanaman buah merah masih hanya ditemukan di daerah Papua. Buah merah atau yang bernama latin Pandanus Conoideus Lam dimanfaatkan sebagai bahan pangan oleh masyarakat Papua sehingga buah ini terjamin aman untuk dikonsumsi, oleh masyarakat sekitar buah merah dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, penyakit mata dan dapat meningkatkan stamina tubuh. Selain itu buah merah juga dimanfaatkan oleh masyarakat Papua untuk keperluan upacara adat seperti perkawinan, kelahiran dan perkenalan.
    Seorang peneliti dari Universitas Cendrawasih yaitu Drs. Imade Budi, M.Si mengungkapkan secara ilmiah tentang kehebatan pengobatan dan kandungan gizi yang ada dalam buah ini. Melalui penelitian yang dilakukan pada Institut Pertanian Bogor (IPB), bapak Budi mengungkapkan bahwa buah merah mengandung zat-zat alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan proses metabolisme diantarannya betakaroten yaitu dapat mencegah penyakit degeneratif seperti stroke, jantung koroner dan kanker. Selain itu juga berfungsi untuk memperlambat penumpukan flek pada arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah ke jantung dan otak. Buah merah juga mengandung karoten yang tinggi yang berkaitan dengan sel tanaman, sehingga berpotensi dapat digunakan sebagai bahan industri obat maupun sumber pangan fungsional untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Selain betakaroten dan karoten, buah ini juga mengandung tokoferol yang berguna untuk perbaikan sistem kekebalan tubuh dan menetralisir kolesterol dalam darah.
      Buah merah juga mengandung Omega-9 dan Omega-3 dalam dosis tinggi. Sebagai asam lemak tak jenuh, buah merah mudah dicerna dan diserap sehingga memperlancar proses metabolisme sehingga tubuh mendapat asupan protein yang menghasilkan peningkatan daya tahan tubuh. Asam lemak yang dikandung buah merah merupakan antibiotik dan anti virus. Khasiat yang terkandung dalam buah merah tersebut bisa diproduksi oleh masyarakat dalam bentuk minyak atau ekstrak buah merah yang bisa membantu mereka dengan cara mengkonsumsinya secara langsung.

Tips memilih sari buah merah yang murni

1. Menerawang dengan cara menyimpannya di kulkas, apabila diterawang membekunya merata          sedangkan apabila terdapat lapisan terpisah berarti ada campuran minyak goreng atau kecap
2. Dengan cara menyinari botolnya, jika tembus pandang berwarna gelap atau merah tua bukan          orange
3. Mencium aromanya, sari buah merah yang murni tidak berbau asam
4. Sari buah merah murni titik didihnya rendah. Cukup 10 menit saja, sari buah merah yang beku        akan mencair jika dipanaskan. Jika melebihi 10 menit, berarti tidak murni.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Rahasia Buah Merah "

tinggalkan komentar di bawah ini