DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Masih Muda Sudah Banyak Uban? Yuk Cari Tau Penyebabnya


Tumbuh uban (rambut putih) yang ada di rambut itu menunjukan bahwa sesorang itu mulai menua. Umumnya, munculnya uban di rambut mulai usia 30-an. Namun ada beberapa orang yang sudah berubanan walaupun masih berusia remaja. Berikut adalah Penyebanya :

1. Stres
Mungkin pada usia remaja anda sudah mengalami stres yang berlebihan, memang hidup ini sering kali banyak menimbulkan stres, entah itu masalah pekerjaan, tugas kuliah maupun dengan sang pujaan hati. Jika anda tidak ingin bertumbuh uban lebih banyak lagi, sebaiknya berpandai-pandai lah dalam menghindari stres, contohnya seperti perbanyak liburan atau berolahraga, karena jika pikiran kita stres maka akan membuat otak dan mental menjadi tertekan. Dalam kondisi tersebut rambut juga kesulitan dalam memproduksi melanin yang menjadi pigmen pewarna rambut anda. Jika anda bisa mengurangi stres, sel melanosit yang memproduksi melanin akan dapat mencukupi kebutuhan untuk mewarnai rambut.

2. Merokok
Faktor yang kedua adalah merokok, pada jaman sekarang ini sudah banyak anak usia di bawah umur yang sudah mengenal rokok, jadi tidak heran kalau sudah banyak remaja sekarang yang berubanan, karena merokok meningkatkan resiko tumbuh uban sampai 4 kali. Oleh sebab itu berhentilah merokok, agar terhindar dari ubanan dan hidup lebih sehat.

3. Faktor Keturunan
Faktor ini juga berpengaruh, tanyakan pada orang tua, kakek nenek kalian apakah mereka sudah ubanan ketika masih remaja? mungkin hal tersebut bisa menular kepada anda atau berisiko membuat anda juga bisa tumbuh uban di usia remaja. Jika memang benar adanya, tidak banyak yang bisa anda lakukan, yang terpenting adalah rawat baik-baik rambut anda, siapa tau sel melanin bisa berkembang dengan semestinya.

4. Kekurangan Vitamin
Penuhi vitamin rambut anda, karena kekurangan vitamin dapat memicu tumbuhnya uban dengan lebih cepat, terutama vitamin B12 yang dapat membantu menjaga rambut anda.

5. Salah Perawatan Rambut
Contohnya adalah memakai shampoo yang tidak cocok, rebonding/smooting, mencabuti uban, memakai minyak rambut yang berlebihan juga bisa menyebabkan tumbuhnya uban.










Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Masih Muda Sudah Banyak Uban? Yuk Cari Tau Penyebabnya"

tinggalkan komentar di bawah ini