DIDOMA

Artikel tentang ilmu pengetahuan umum dan ilmu komputer

Translate

Indahnya kasih sayang


Rasa kasih sayang merupakan rasa yang timbul dalam diri  yang tulus untuk mencintai, menyayangi, membantu, serta memberikan kesenangan pada orang lain atau siapapun yang ia kasihani.

Ada cerita mengenai kasih sayang antara wanita berlumur dosa (pezina) yang menolong anjing yang sedang kehausan sehingga terampuni dosanya.

Pada jama dulu, hidup seorang wanita tuna susila dari keturunan Bani Israil. Suatu ketika dia berjalan menyusuri padang pasir yang luas. Dia sangat kehausan.

Karena kehausan dia mencari sumber mata air, padahla waktu itu matahari tengah teriknya dan berada dalam padang pasir yang luas.

Dengan kegigihannya, akhirnya dia menemukan sumber mata air yang berupa sumur. Pada saat dia tiba di sumur tersebut.

tiba -tiba datanglah seekor anjing yang menjulur-julurkan lidahnya ke dalam sumur itu seakan merasakan kehausan yang luar biasa.

Anjing itu terus menjulur-julurkan lidahnya walaupun lidahnya tak mungkin sampai menyentuh air karena dalamnya air sumur itu.

Melihat anjing itu. Tergeraklah hatinya karena merasa kasihan dan tidak tega. Dilepasnya sepatu wanita itu lalu diikatnya dengan kerudung untuk menimba air di sumur itu.

Lalu diberikannya air itu kepada anjing, padahal dia sendiri belum sempat minum air dari sumur itu. Setelah anjing itu meminum air tersebut, wanita itu meninggal.

Subhanallah, dengan ijin Allah, terampunilah dosa wanita pezina tersebut.

Rasulullah SAW bersabda :

بَيْنَمَا كَلْبٌ يُطِيفُ بِرَكِيَّةٍ قَدْ كَادَ يَقْتُلُهُ الْعَطَشُ إِذْ رَأَتْهُ بَغِىٌّ مِنْ بَغَايَا بَنِى إِسْرَائِيلَ فَنَزَعَتْ مُوقَهَا فَاسْتَقَتْ لَهُ بِهِ فَسَقَتْهُ إِيَّاهُ فَغُفِرَ لَهَا بِهِ

"Telah diampuni seorang wanita pezina yang lewat di depan anjing menjulurkan lidahnya pada sebuah sumur. Dia berkata, "anjing ini hampir mati kehausan". Lalu dilepasnya sepatunya lalu diikatkannya dengan kerudungnya lalu diberinya minum. Maka diampuni wanita itu karena memberi minum."

Itulah contoh kecil kasih sayang manusia terhadap makhluk lain, sehingga Allah SWT mengampuni segala dosa-dosa yang telah diperbuat oleh wanita tersebut.

Kasih sayang itu muncul jika hati kita mampu meraba derita makhluk lain. Ketika perasaan itu muncul , maka inshaAllah keinginan untuk berbuat baik akan muncul dengan sendirinya.

Lalu apa saja yang harus kita perbuat agar memiliki kepekaan untuk menyayangi orang lain?

Sebelum kita menyayangi orang lain, awali dengan menyanyangi diri kita sendiri. Cobalah kita hadapkan diri kita ke cermin seraya bertanya-tanya.

Apakah wajah yang indah ini akan bercahaya kelak di akherat nanti atau justru sebaliknya?

Ketika menatap hitamnya mata kita, apakah mata ini termasuk mata yang bisa menatap Allah SWT, menatap Rasulullah SAW, menatap para kekasih Allah di surga kelak atau malah terburai karena kemaksiatan yang pernah kita lakukan?

Ketika meraba bibir manis, apakah bisa tersenyum gembira di surga atau sebaliknya?

Ketika memperhatikan tubuh tegap, apakah akan penuh dengan cahaya di surga sana ataukah sebaliknya?

Ketika menatap kaki, apakah ia senantiasa melangkah di jalan Allah sehingga berhak menginjakkannya di surga kelak atau malah sebaliknya?

Dan ketika kita melihat mulusnya kulit kita, akankah kulit ini akan menjadi indah bercahaya ataukah akan hitam legam?

untuk itu, sudahkan anda bercermin hari ini?

Rasulullah SAW juga menganjurkan agar hati nurani kita senantiasa hidup diliputi dengan nur kasih sayang, yaitu dengan melakukan banyak silaturahim kepada orang-orang yang dilanda kesulitan, datang ke daerah terpencil, menengok saudara-saudara kita di rumah sakit, atau selalu mengingat umat islam yang sedang teraniaya.

Dengan melihat orang yang kondisinya jauh di bawah kita, inshaAllah hati kita akan melembut karena senantiasa tersinari oleh pancaran kasih sayang.

Kita harus waspada terhadap pergaulan hanya dengan orang-orang kaya, orang-orang terkenal, atau orang elit lainnya, karena yang muncul justru perasaan kurang dan kurang akan dunia ini.

Betapa indahnya apabila kita bisa saling menyayangi. Tidak akan ada tu acara berita kriminal.

Sekian postingan mengenai indahnya kasih sayang. Semoga bisa meningkatkan nur kasih sayang dalam diri kalian. Terimakasih


Baca juga
Iman adalah kehidupan
Ujian dan cobaan merupakan karunia di Allah






Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Indahnya kasih sayang"

tinggalkan komentar di bawah ini